Welcome to Smart School Al-Haamidiyah

Selamat Datang Ke dalam dunia pendidikan cerdas "Smart School Al-Haamidiyah", sebuah paradigma baru dalam dunia pendidikan yang menitikberatkan pada pembentukan karakter insan-insan kepada taqwa, cerdas dan inovatif.

Senin, 21 Maret 2011

Yayasan Pendidikan Cerdas

Tahun 2006, Yayasan Pendidikan Cerdas, sebuah lembaga nirlaba, melahirkan Smart Schol Al Haamidiyah (SSH). Hal paling menarik dari sekolah SD SSH ini adalah niat pendiri yang hanya menjadi pengelola. Sebagai komitment awal, beberapa pendiri telah mengalokasikan hartanya sebagai wakaf . Mereka tidak ingin mengambil keuntungan apapun. Berarti para pendiri SSH memposisikan sebagai pengelola. Katakan seperti amil pengelola zakat, atau nadzur sebagai pengelola wakaf. Yang pasti bukan pemilik. Tentu ada persamaan dengan Dompet Dhuafa. Sebagai lembaga nirlaba, peran Dompet Dhuafa memang tegas menjadi mediator. Sedang SSH yang lahir sebagai sekolah umum, menawarkan paradigma baru sebagai sebuah lembaga pendidikan yang “not for profit (NFP).

Smart School Al Haamidiyah dan Dompet Dhuafa, sama-sama berlegal yayasan. Dompet Dhuafa lembaga nirlaba, Smart School Al Haamidiyah lembaga Not For Profit” (NFP). Arti nir adalah nihil atau kosong. Berarti lembaga nirlaba tidak bisa mencari laba. Hidup lembaga nirlaba tergantung donatur. Termasuk nirlaba adalah LSM dan Lembaga Pengelola Zakat. Sedang arti harfiah Not For Profit” (NFP) memang tidak semata untuk cari untung. Ada tujuan lain. Untuk operasional NFP, dibiayai dari jasa yang ditawarkan. Besarnya jasa didasarkan pada etika dan standar. Tanpa itu, pengguna jasa yang no choice pasrah saja. Yang termasuk dalam lembaga Not For Profit” (NFP)  adalah sekolah dan rumah sakit. Bagi SSH kebutuhan operasional ditanggulangi para orang tua murid. Pendiri SSH tak mengambil laba sepeserpun. Untuk membuktikannya,  maka SSH transparan terutama pada para orang tua murid.

Selain itu, SSH bisa menjadi contoh. Sebagai lembaga not for profit”(NFP), pendiri SSH hanya ingin jadi pengelola. Pemilik biasanya sibuk mengurusi hak-haknya. Sedang pengelola sibuk pada tanggung jawab, bahwa guru harus sejahtera dan murid adalah pewaris bangsa. Bila gedung sudah dilunasi infak orang tua murid, atau dari tanah dan gedung wakaf, tak akan ada uang gedung di SSH. Yang ada cuma uang perawatan, untuk beli karbol dan lap pel.  Atau untuk penambahan fasilitas. Wallahu’alam  Bishawwab.

A.   TIM PENDIRI

Yayasan pendidikan Cerdas, sebuah lembaga nirlaga yang dibentuk berdasarkan akte notaries Yasmine Achmad Djawas, SH. No. 05, Tgl 16 Februari 2009. Adapun susunan Pengurus Yayasan Pendidikan Cerdas adalah sebagai berikut :
Ketua               : Drs. Erie Sudewo, MDM (Social Entrepreneur)
Anggota           : Hamida Abduracman, SH (Social Entrepeneur)
Anggota           : Nabil (Swasta)
Anggota           : Moehammad Feikal Joenoes, SE (Swasta)
Anggota           : Ir. Bagus Teguh Prayogo (Swasta)

B.    TIM PENGELOLA

Tim pengelola sekolah terdiri dari pengurus harian dan pengawas pendidikan yang bertanggung jawab dalam operasional kegiatan sekolah dan menjamin kelancaran kegiatan belajar mengajar. Mengingat harapan yang begitu besar, dibutuhkan adanya tim kuat yang mempunyai integritas serta komitmen tinggi. Untuk itu, dalam hal pendidikan, baik menyangkut kurikulum, kualitas guru dan pengawasan proses belajar mengajar, Yayasan Pendidikan Cerdas bekerjasama dengan Makmal Dompet Dhuafa, sebuah lembaga Pembina kurikulum dan tenaga pendidik dibawah pengelolaan lembaga Dompet Dhuafa Republika (DD). Bentuk kerjasama antara Yayasan Pendidikan Cerdas denga Dompet Dhuafa tidak menyangkut aspek financial, melainkan sinergitas dalam rangka menebar pendidikan yang sehat, baik, wajar, berkualitas seta memiliki karakter.
Tim pengelola Smart School Al-Haamidiyah terdiri dari pengurus harian :
-       Ir. Pramita Harjati (Ketua)
-       Yasti Yulianti, SE, M.PSI (Sekretaris Umum)
-       Tutty Yuningsih (Sekretaris)
-       Navila A. Djawas (Bendahara)

C.      TIM PELAKSANA

Tim pelaksana Smart School Al-haamidiyah adalah seluruh jajaran staf pengajar, administrasi dan umum. Tim pelaksana dipimpin oleh Kepala Sekolah yang memiliki tanggungjawab penuh terhadap kelancaran jalannya kegiatan belajar mengajar Smart School Al-haamidiyah.
Berikut ini adalah Tim Pelaksana SD Smart School Al-Haamidiyah, antara lain :
- Kepala Sekolah     : Ir. Sugiyono
- Koord. Kurikulum  : Atin Margiatni, S.Si
- Koord. Kesiswaan : Madinah, S.Pd.I
- Koord. Sarpras     : Supirso, SH.I