Welcome to Smart School Al-Haamidiyah

Selamat Datang Ke dalam dunia pendidikan cerdas "Smart School Al-Haamidiyah", sebuah paradigma baru dalam dunia pendidikan yang menitikberatkan pada pembentukan karakter insan-insan kepada taqwa, cerdas dan inovatif.

Senin, 21 Maret 2011

Kurikulum Smart School Al-Haamidiyah

               

Penerapan kurikulum Smart School Al-Haamidiyah mengacu pada kurikulum nasional (KTSP) 2006 ”Plus”. Nilai Plus diberikanmelalui muatan lokal dan pengembangan diri. Muata lokal terdiri dari Tahfidz Qur’an, Komputer, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler wajib (Kegiatan Pramuka)dan pilihan (terdiri dari Tae Kwon Do, Futshal, Manga, Science Club,English Club, Arabic Club)
      Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) Smart School Al  Haamidiyah dikembangkan  atas dasar kebutuhan dan tujuan pendirian sekolah yaitu Penyelenggaraan Pelayanan Pendidikan Dasar yang bertumpu pada pembentukan dan pengembangan enam karakter siswa diantaranya :
1.        Kesalehan
2.        Kesederhanaan
3.        Kemandirian
4.        Kepemimpinan
5.        Kepedulian
6.        Kewirausahaan

Struktur kurikulum SD Smart School Al Haamidiyah meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai kelas I sampai dengan kelas VI.  Struktur kurikulum SD Smart School Al Haamidiyah disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :
a.    Kurikulum SD Smart School Al Haamidiyah terdiri muatan wajib, muatan lokal dan pengembangan diri.
b.    Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan ”IPA terpadu” dan ”IPS terpadu”
c.    Pembelajaran pada kelas I s/d III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada kelas IV s/d VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
d.    Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 35 menit.
e.    Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 36 minggu.