Sesuai dengan kurikulum nasional (KTSP), mata pelajaran yang akan diberikan di SD SMART SCHOOL AL-HAAMIDIYAH adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika, Pengetahuan Alam, Pengetahuan Sosial, Kesenian & Ketrampilan, Agama dan Olah Raga. Pengayaan yang diberikan dengan penambahan jam belajar melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Tahfizh alQur’an dan Renang.
Semua pembelajaran di desain dengan lebih menyenangkan. Penggunaan benda-benda konkrit dan berbagai permainan di kemas semanarik mungkin agar anak dapat bereksplorasi dan mampu memahami dengan baik dan maksimal semua konsep-konsep yang diajarkan.
Bahasa Indonesia
Ada 4 aspek keterampilan berbahasa yang akan dikembangkan, yaitu mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia keempat aspek ini dipelajari secara umum, namun untuk mengembangkan aspek-aspek tersebut perlu ditunjang kegiatan khusus yaitu morning talk dan menulis diary.
Kegiatan morning talk ditujukan untuk mengembangkan keterampilan mendengar dan berbicara. Anak akan dibiasakan melakukan sharing atau berdiskusi untuk mengembangkan kemampuan verbalnya. Kegiatan menulis diary dimaksudkan guna mengembangkan keterampilan menulis kreatif. Anak diberi kesempatan untuk menuliskan pengalaman belajarnya atau apa saja sebagai sarana mengekspresikan pikiran dan pendapatnya. Kemampuan menulis ini lebih bertujuan agar anak dapat menulis baik, rapi dan benar sebagai salah satu cara mengkomunikasikan ide. Bagi anak di kelas satu yang belum lancar menulis dapat diarahkan untuk mengekspresikan gagasan dan pendapatnya melalui gambar.
Matematika
Pembelajaran matematika didesain agar lebih menyenangkan. Penggunaan benda-benda konkrit dan berbagai permainan digunakan dalam pembelajaran agar anak dapat bereksplorasi dan memahami konsep-konsep dasar dengan baik.
Pengetahuan Alam
Pembelajaran Pengetahuan Alam lebih difokuskan pada keterampilan melakukan percobaan, mengamati, mengukur, menggunakan alat dan mengkomunikasikan hasil percobaan. Hal ini akan menjadi fondasi untuk anak lebih aktif dalam mencari informasi, bekerja ilmiah dan memecahkan masalah.
Pengetahuan Sosial
Pembelajaran Pengetahuan Sosial ditujukan untuk mengembangkan kepekaan anak terhadap masalah social di lingkungannya serta kegiatan ekonomi dan budaya masyarakat di sekitarnya. Kegiatan diskusi dan kunjungan dilakukan untuk anak mendapatkan informasi pembelajaran dan mendekatkan mereka dengan kehidupan nyata.
Agama
Pembelajaran Agama meliputi aspek aqidah, akhlaq, ibadah dan shiroh, juga hafalan hadits dan do’a. Anak akan mengikuti praktek ibadah shalat, shaum dan infaq shadaqah. Guru akan membimbing anak dalam berwudhu, gerakan dan bacaan sholat serta do’a dan dzikir setelah shalat. Shalat dzuhur berjamaah dilaksanakan setiap hari pembelajaran di sekolah. Satu kali dalam sepekan, anak akan dibiasakan melaksanakan shalat dhuha berjamaah di kelas dengan bacaan yang jahir-kan. Pada hari Jum’at akan diadakan shalat jum’at di aula sekolah. Selama shalat jum’at anak perempuan akan bersama dengan ibu guru mengikuti majelis Keputrian dan melaksanakan shalat dzuhur.
Olah Raga
Kegiatan olah raga ditujukan untuk melatih koordinasi tubuh dan ketangkasan sehingga anak memiliki kondisi tubuh yang sehat. Renang merupakan keterampilan spesifik yang akan dilaksanakan selama 2 jam pelajaran setiap dua pekan. Anak dibimbing dalam penguasaan gerak dasar renang dan berbagai gaya renang sebagai salah satu bekal life skills.
Art
Pembelajaran art dapat menjadi sarana untuk mengekspresikan diri, di dalamnya banyak kegiatan yang melibatkan keterampilan motorik halus anak. Sekolah menyediakan berbagai sarana dan media untuk anak memproduk sesuatu yang berkaitan dengan tema pembelajaran.
Bahasa Inggris
Pembelajaran Bahasa Inggris diberikan sejak kelas satu, keterampilan bahasa yang dikembangkan meliputi mendengar, bicara, membaca dan menulis. Guru menggunakan berbagai sumber dan metode pembelajaran dan 100% berbahasa Inggris. Lagu, games, instruksi dan komunikasi sederhana oleh guru merupakan Bahasa Arab
Keterampilan bahasa yang dikembangkan secara umum meliputi mendengar, bicara, membaca dan menulis. Pembelajaran bahasa Arab juga diberikan sejak kelas satu. Guru mengenalkan anak dengan lagu, games, instruksi dan komunikasi sederhana dalam pembelajaran. Guru subjek juga akan menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi dengan anak. Melalui pembelajaran bermakna dan budaya bahasa di sekolah, diharapkan anak dapat menguasai 2000 kosa kata Arab pada akhir sekolah dasar.
Tahfidzh
Menghafal alQur’an merupakan keterampilan yang dikembangkan dengan membiasakan anak mendengar dan melantunkan bacaan alQur’an. Anak dibimbing menghafal alQur’an melalui pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, dengan lagu dan berbagai bentuk permainan. Setiap pekan akan dilakukan murajaah atau mengulang-ulang hafalan dan program tahsin untuk memperbaiki bacaan. Diharapkan pada akhir sekolah dasar anak dapat memiliki 8 juz hafalan alQur’an.
Ada beberapa kegiatan rutin yang telah menjadi program tetap dan merupakan salah satu program unggulan Smart School Al Haamidiyah, antara lain :
- Market Day
Adalah salah satu bentuk kegiatan untuk menumbuhkan karakter Enterpreneurship kepada seluruh siswa SD Smart School Al Haamidiyah. Dari Kegiatan Ini diharapkan siswa belajar tentang Kejujuran, Ketelitian, keberanian bersosialisasi, bernegosiasi, pengambilan resiko, kreatif dan inovatif yang dapat membekali siswa dalam kehidupan di sekolah, di rumah dan di lingkungannya. Jangka panjang siswa tersebut mempunyai kompetensi tinggi dalam kehidupan dimasyarakat.
Writing Session
Tujuan program ini adalah untuk mengembangkan keterampilan menulis dan menumbuhkan minat menulis pada anak. Anak akan dibimbing untuk terbiasa menulis buku jurnal harian atau diary, anak juga dapat menuangkan ide atau pengalamannya dengan gambar. Selain itu anak juga akan dibimbing untuk dapat membuat buku kamus bahasa Inggris dan Arab. Dalam buku kamus tersebut anak dapat menempel gambar kemudian menuliskan maksud gambar itu dengan bahasa Inggris atau Arab. Program ini diharapkan menjadi pengikat makna terhadap bahasa yang dipelajari dan menambah penguasaan kosa kata.
Reading Session
Kegiatan ini dibangun untuk melatih anak untuk mencintai buku dan menumbuhkan serta mengembangkan minat baca pada anak. Anak akan dibimbing untuk terbiasa menggunakan buku sebagai referensiny dalam memperkaya wawasan serta pengetahuannya.