Welcome to Smart School Al-Haamidiyah

Selamat Datang Ke dalam dunia pendidikan cerdas "Smart School Al-Haamidiyah", sebuah paradigma baru dalam dunia pendidikan yang menitikberatkan pada pembentukan karakter insan-insan kepada taqwa, cerdas dan inovatif.

Senin, 21 Maret 2011

SEJARAH BERDIRINYA

           
Berdirinya Smart School Al-Haamidiyah pada tahun 2006 dilatari oleh kemirisan tentang dunia pendidikan Indonesia. Di satu sisi, konsep pendidikan nasional kita masih juga belum menemukan formula yang tepat, khususnya dalam menyiapkan dan membentuk puluhan juta siswa, agar menjadi pribadi-pribadi yang memiliki karakter kuat. Sebuah karakter yang tentunya sangat mereka butuhkan sebagai generasi yang bakal hidup dalam kondisi globalisasi yang tidak menentu. Di sisi lain kesulitan itu dimanfaatkan sejumlah pihak hanya untuk “bisnis”. Solusi pemecahan yang ditawarkan biasanya dengan biaya sangat mahal. Padahal, pendidikan berkualitas bukan hanya milik siswa dari kalangan mampu saja. Pendidikan adalah hak setiap warga Negara. Kekeliruan paradigm komersialisasi pendidikan ini harus diubah.

Beranjak dari kedua persoalan tersebut, sekelompok orang-orang yang insya Allah telah teruji komitmennya, dibawah pimpinan Erie Sudewo, Social Entrepreneur, bertekad mendirikan sebuah lembaga pendidikan dasar yang berkualitas, mampu menghasilkan lulusan siswa-siswa yang berkarakter Islami, dengan biaya pendidikan yang reasonable. Untuk dapat mewujudkan sebuah lembaga pendidikan semacam ini, maka tujuan pendirian Smart School Al-Haamidiyah adalah murni tidak untuk member keuntungan pribadi para pendiri.

Dalam hal pendirian Smart School Al-Haamidiyah, ada beberapa kesepakatan yang telah digariskan para pendiri :
  • Tidak menjadikan lembaga pendidikan ini sebagai ajang bisnis
  • Semua kelebihan dana, dikembalikan untuk keperluan pendidikan
  • Mengharapkan agar Smart School Al-Haamidiyah bisa menjadi salah satu alternative pendidikan yang :
  • Baik dan sehat dalam pengelolaan
  •  Wajar dalam biaya serta kualitas
  • Memiliki kualitas pendidikan diatas rata-rata serta
  • Menghasilkan siswa yang berkarakter Islami yang kuat

Smart School Al-Haamidiyah didirikan atas prinsip wakaf, yakni menyelenggarakan pendidikan berkualitas dengan menerapkan prinsip “NOT FOR PROFIT”. Seluruh biaya yang dibutuhkan dialokasikan hanya untuk keperluan penyelenggaraan proses belajar mengajar. Oleh karena itu dengan wakaf ini, ada beberapa manfaat yang segera dapat diambil :
  • Wakaf menyadarkan kita untuk menghilangkan rasa tamak
  • Secara langsung biaya pendidikan dapat ditekan
  • Wakaf diharapkan mampu menular kepada lembaga lain untuk mewajarkan biaya pendidikan
  • Dengan wakaf, cita-cita lembaga pendidikan untuk menerapkan prinsip Not For Profit insya Allah dapat terselenggara dengan baik. Smart School Al-Haamidiyah tidak bertujuan bisnis. Biaya dibutuhkan hanya diperuntukkan keperluan penyelenggaraan proses belajar mengajar
  • Wakaf mengembalikan fungsi pendidikan kepada khitah-nya bahwa pendidikan merupakan hak dari setiap warga.

Yayasan Al-Haamidiyah telah mewakafkan gedung sekolah yang saat ini dipergunakan oleh Smart School untuk sarana pendidikan. Hal ini berarti pengelola pendidikan tidak lagi direpotkan oleh persoalan bangunan, sehingga tidak ada imbas kepada siswa dan orang tua harus mengeluarkan biaya tambahan diluar biaya operasional dan pemeliharaan sekolah.

Di masa yang akan datang, pihak pengelola Smart School Al-Haamidiyah tetap akan menjalankan operasional sekolah melalui penerimaan wakaf dalam bentuk tunai maupun barang, yang berasal dari : Pendiri, pengelola, orang Tua Murid, Pihak Luar (Swasta, pemerintah, dsb).